Akreditasi adalah sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan penjaminan mutu alumni perguruan tinggi, sehingga kualitasnya antar perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi sesuai kebutuhan kerja.Akreditasi di perguruan tinggi ada 2, akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Akreditasi institusi merupakan akreditasi terhadap institusi perguruan tingginya, misalnya akreditasi Universitas Lambung Mangkurat. Sedangkan Akreditasi program studi merupakan akreditasi terhadap program studinya misal akreditasi PS Agribisnis.

Setidaknya ada 2 tujuan akreditasi, yaitu:

  1. menginformasikan kinerja institusi perguruan tinggi/program studi kepada masyarakat
  2. mengetahui kekurangan dalam rangka untuk memperbaiki kinerja.

Sebagai institusi yang profesional dan selalu berkembang, PS Agribisnis rutin mengajukan akreditasi. Hal ini karena PS Agribisnis menyadari bahwa akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal, yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang (dalam hal ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi tersebut mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Dengan demikian, akreditasi dapat melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, terutama orang-orang yang memanfaatkan lembaga pendidikan untuk mencari keuntungan.

Saat ini PS Agribisnis memiliki Akreditasi A yang merupakan nilai tertinggi dari akreditasi. Artinya PS Agribisnis memiliki mutu yang sama dengan program studi di universitas-universitas unggulan di Indonesia.

Sertifikat Akreditasi PS Agribisnis (9 Oktober 2018 – 9 Oktober 2023)

Tercapainya Akreditasi A ini merupakan hasil kerja keras dan terus menerus dari Tim Penyusun Akreditasi, seluruh staf dosen dan tenaga kependidikan PS Agribisnis, jajaran pimpinan Fakultas, jajaran pimpinan ULM, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) ULM, Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fak. Pertanian, prodi-prodi di lingkungan Fak. Pertanian, seluruh mahasiswa dan HIMASEP, para alumni, stakeholder, dan seluruh pihak yang mendorong dan memberikan dukungan pada PS Agribisnis.

Ke depan, PS Agribisnis akan berupaya mempertahankan prestasi ini dan makin meningkatkan mutu proses pendidikan di PS Agribisnis dan lulusannya. Semoga PS Agribisnis dan lulusannya akan dapat lebih berperan dalam pembangunan di masyarakat.

File pdf sertifikat akreditasi program studi sebelumnya dapat diunduh di sini:

  1. Akreditas PS Agribisnis 2018-2023.
  2. Akreditas PS Agribisnis 2013-2018.
  3. Akreditas PS Sosial Ekonomi Pertanian / Agribisnis (2010-2015).
  4. Akreditas PS Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (2010-2015).
  5. Akreditas PS Sosial Ekonomi Pertanian / Agribisnis (2004-2009).
  6. Akrediasi PS Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (2004-2009).
  7. Akreditas PS Sosial Ekonomi Pertanian / Agribisnis (1998-2003)
  8. Akrediasi PS Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (1998-2003).