Penerimaan calon mahasiswa baru di PS Agribisnis diselenggarakan oleh Universitas Lambung Mangkurat (ULM) memiliki beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, yang terdiri dari:

  1. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui seleksi prestasi akademik siswa yang diambil dari nilai rapor dan prestasi lainnya dan diperuntukkan bagi siswa yang mendapat undangan. Ada tiga tahapan untuk bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN antara lain: (a) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, (b) pemeringkatan oleh panitia, dan (c) pendaftaran SNMPTN oleh siswa.
    Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Februari – Maret setiap tahunnya. Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/
  2. Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui seleksi yang dilakukan secara bersama yang diselenggarakan oleh PTN di Indonesia. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN. Pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).
    Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/
  3. Jalur Bidikmisi, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa kurang mampu dalam hal ekonomi akan tetapi memiliki nilai akademik yang baik.
  4. Jalur Mandiri, merupakan jalur seleksi yang diadakan secara khusus oleh panitia lokal dari ULM sendiri. Seleksi ini dikenal dengan SENYUM (Seleksi ULM Mandiri). Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://ulm.ac.id/id/.