PS Agribisnis memfasilitasi mahasiswa tingkat akhir untuk mempresentasikan hasil penelitian skripsi mereka. Presentasi Seminar ini rutin diadakan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa tingkat akhir, baik yang tengah mengambil mata kuliah seminar maupun skripsi. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi mahasiswa saling bertukar pikiran, ide, juga gagasan. Bagi mahasiswa, kegiatan ini juga menjadi wadah penilaian proses pengerjaan skripsi mereka.

Adapun ketentuan umum Seminar adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan Seminar Skripsi adalah bagian dari Kurikulum Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Prodi Agribisnis, Fak. Pertanian – Unlam yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa yang telah memenuhi syarat.
  2. Bahan yang diseminarkan adalah naskah artikel yang ditulis berdasarkan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian skripsi mahasiswa yang bersangkutan yang telah disetujui oleh tim pembimbing.
  3. Mahasiswa dapat menjadi pemrasaran dalam Kegiatan Seminar Skripsi setelah mengikuti: (a) sedikitnya 10 kali seminar mahasiswa di jurusan sendiri sebagai peserta seminar; (b) sedikitnya masing-masing 1 kali seminar mahasiswa yang dilaksanakan di tiga jurusan/prodi lain yang berbeda di lingkungan Fak. Pertanian – Unlam sebagai peserta seminar;(c) sedikitnya 1 kali bertindak sebagai Pembahas Utama; dan (d) sedikitnya 1 kali bertindak sebagai Moderator.
  4. Mahasiswa bisa bertindak menjadi Pembahas Utama dan Moderator Seminar Skripsi apabila telah menempuh perkuliahan lima semester dan telah menjadi peserta seminar di Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian paling sedikit 3 (tiga) kali (ditunjukkan oleh Kartu Seminar yang dimilikinya). Kewajiban mahasiswa yang menjadi pemrasaran untuk mencari mahasiswa yang akan menjadi moderator.
  5. Mahasiswa Pemrasaran Seminar telah menyiapkan bahan presentasi dalam format MS Power Point (.pptx) berikut hand-outnya serta abstrak seminar yang telah disusun mengikuti format JTAM. Bahan presentasi dan abstrak seminar harus diperiksa dan mendapat persetujuan untuk dipresentasikan dalam seminar oleh Dosen Pembimbing;
  6. Mahasiswa diwajibkan melakukan pendaftaran paling lambat 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan seminar dan melengkapi berkas-berkas administrasi yang diperlukan. Proses penyelesaian berkas-berkas administrasi paling lambat 3 (hari) sebelum pelaksanaan seminar sudah rampung;

Berkas administrasi pendaftaran seminar dapat diunduh di POS Seminar.

Selanjutnya mahasiswa mengajukan seminar dengan mengikuti flowchart sebagai berikut:

Alur Seminar Hasil Penelitian Skripsi
Skip to toolbar