Mahasiswa pada setiap akhir masa studi diwajibkan membuat karya ilmiah yang diwujudkan dalam bentuk buku tugas akhir (skripsi) yang di dalamnya dilampirkan jurnal tugas akhir sebagai salah satu lampiran wajib. Jurnal tugas akhir ini merupakan representasi publikasi dari inti kandungan yang tertuang di dalam skripsi.

Jurnal tugas akhir mahasiswa dipublikasikan secara daring melalui jurnal elektronik Frontier Agribisnis (Frontbiz) yang dikelola oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Prodi Agribisnis. Jurnal tugas akhir mahasiswa dipublikasikan a.n. mahasiswa ybs. (sebagai penulis utama) dan dosen pembimbing (sebagai penulis pendamping) yang berafiliasi ke Prodi Agribisnis/Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

Setiap naskah yang masuk akan dilakukan uji plagiasi (menggunakan aplikasi Turnitin) oleh Operator Jurnal Frontbiz. Status bebas plagiasi diberikan untuk naskah dengan tingkat kemiripan ≤ 20% dan penulis akan diberikan sertifikat JTAM. Kepemilikan sertifikat JTAM dengan tingkat kemiripan ≤ 20% menjadi syarat bagi mahasiswa untuk menempuh Ujian Akhir Skripsi dan menjadi salah satu unsur penilaian tugas akhir/skripsi mahasiswa.

Adapun pedom JTAM dapat diunduh di POS Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) dan Uji Plagiasi

Proses pengelolaan dan penerbitan naskah dapat dilihat pada flowchart berikut:

Flowchart penerbitan Jurnal Tugas Akademik Mahasiswa
Skip to toolbar